penyulingan minyak atsiri

Penyulingan minyak atsiri
Minyak atsiri adalah minyak yang diproses dari berbagai bagian tanaman seperti, daun,bunga, biji, buah, batang, akar atau rimpang. Minyak atsiri bersifat mudah menguap pada suhu kamar tanpa mengalami dekomposisi, beraroma wangi dan larut dalam pelarut organik. Secara umum dan yang berkembang di lapangan minyak atsiri diproses melalui tahapan destilasi atau penyulingan, baik melalui system rebus, yaitu langsung memasukan bahan baku ke dalam air, melalui system  uap langsung yaitu dengan cara pengukusan, ataupun uap tidak langsung yaitu adanya pemisahan antara ketel air dengan ketel bahan baku, system ini disebut dengan steam.
Pada prosesnya tiap jenis system  mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri, namun menurut penelitian yang dilakukan oleh berbagai pihak, bahwa system uap tidak langsung atau steam mempunyai kelebihan dan keuntungan yang lebih baik di antara system yang lain, diantaranya:
1.       Dapat mempersingkat waktu proses penyulingan
2.       Meningkatkan rendemen minyak
3.       Menghasilkan kualitas minyak yang bagus.
4.       Lebih efisien dalam proses produksi
Dari beberapa keuntungan di atas maka dapat disimpulkan bahwa system steam mempunyai banyak kelebihan, namun pada dasarnya sekalipun kita menggunakan system steam ada beberapa factor penting yang dapat meningkatkan hasil produksi, terutama bagi para pemula yang ingin terjun ke dalam bisnis minyak atsiri di antaranya :
1.       Pilihlah bengkel alat penyulingan yang memang sudah berpengalaman dalam bidang pembuatan alat produksi minyak atsiri.
2.       Konsultasikan dengan baik kepada bengkel berdasarkan bahan baku yang akan diproses, supaya kontruksi mesin mengikuti jenis dan karakteristik bahan baku yang akan kita proses, dan memperhatikan ketersediaan bahan baku, guna menjaga kestabilan dan kelangsungan produksi, dan sesuaikan dengan budget yang kita miliki.
3.       Penguasaan penggunaan mesin, yang meliputi pengapian, tekanan uap, temperature panas, lama penyulingan, dll.
berikut saya sarankan alat penyulingan yang lumayan bagus yang bisa jadi bahan pertimbangan buat para pelaku bisnis minyak atsiri yang saya dapatkan di internet.

Gambar boiler tampak samping

Gambar boiler tampak samping

Gambar boiler tampak depan

Gambar ketel bahan baku

Gambar pendingin jenis spiral (kondensor)

Gambar penampungan minyak (separator)

buat temen-temen yang berminat membuat alat penyulingan, bisa saya hubungkan ke beberapa bengkel pembuatan alat penyulingan yang memang sudah teruji hasilnya, bisa hubungi ke nomor 082111316959 (sms)
Terimakasih semoga bermanfaat.




Comments

Popular posts from this blog

jual biji pala

jenis jenis pala kupas

ANALISIS USAHA PENYULINGAN MINYAK PALA