cengkeh

cengkeh yang terkenal di Indonesia adalah jenis zanzibar dan sikotok,
cengkeh zanzibar pucuk, cabang muda, dan bunga berwarna merah, daun tua berwarna hijau, ukuran kecil dan mengkilap, pohon tampak rindang, dan daunnya sampai kepermukaan tanah, bunga berbentuk silindris, piramida, atau bundar sekitar 15 biji pertandan.
sedangkan varietas sikotok daun berwarna hijiau, berukuran kecil, dan sedikit mengkilap, pucuk variatas sikotok berwarna kuning kemerahan, cabang muda dan gagang daun berwarna hijau. pohon sangat rindang, daun ke permukaan tanah, jumlah bunga melebihi 15 buah pertandan, bunga berwarna kuning dengan sedikit merah dipangkal. dan memiliki bungan seperti mahkota piramida.
semua jenis cengkeh adapat beradaptasi di daran rendah sampai 1500 m di atas permukaan laut dan tumbuh subur di tanah gembur, berhumus berdrainase baik dengan pH 4,5-7.
cengkeh menghendaki sushu 24-27 derajat C dan curah hujan 2000-3500 mm tiap tahun atau 60-80 mm tiap bulan.  masa mulai belajar berbuah sekitar umur 4-5 tahun. biasanya tiap tandan tumbuh 3 kelopak bunga, jadi satu tandan bisa tumbuh 3-20 pucuk bunga. bungan cengkeh bila masih muda berwarna kelabu keungu-unguan, dan menjadi kuning kehijau hijauan.
saat pemanenan yang tepat adalah dimana bunga berwarna merah muda, karena bungan belum membuka masih berbentuk kuncup, dan apabila pemetikan bunga terlambat maka bunga akan mekar. untuk populasi 200 pohon berumur 6-7 tahun, produksi mencapai 500-600 kg segar bunga per hektar per musim.
pohon cengkeh merupakan pohon yang banyak menghasilkan minyak atsiri,dan dikenal denan nama clove oil. namun dalam pasarnya ada tiga jenis minyak cengkeh yang dikenal.
1. minyak yang dihasilkan dari bunga cengkeh dengan nama clove bud oil, namun jenis minyak ini jarang diproduksi oleh petani atau penyuling, karena minyak dari bunga cengkeh akan bersaingan dengan pabrik rokok, sehingga jenis minyak ini jarang diproduksi dan mungkin hanya diproduksi untuk kalangan tertentu.
2. minyak dari tangkai atau gagang cengkeh yang disebut dengan clove stem oil.
3. minyak dari daun cengkeh (biasa yang digunakan adalah daun gugur) dengan sebutan clove leaf oil.

Comments

Popular posts from this blog

jual biji pala

jenis jenis pala kupas

ANALISIS USAHA PENYULINGAN MINYAK PALA