jenis jenis pala kupas

secara etimolog pala kupas adalah pala  tidak bercangkang atau tidak berbatok.
dan secara terminolog pala kupas merupakan pala tua yang sudah tidak memiliki batok dikarenakan sengaja dipecah untuk diambil bagian dalamnya baik secara manual atau menggunakan mesin pemecah.
pada dasarnya bahan pala kupas indonesia dikenal dari dua jenis pala yaitu pala bulat yang berasal dari pulau banda dan pala lonjong yang berasal dari fakfak.
kedua jenis pala ini mempunyai nilai harga masing masing dan ketajaman rasa masing masing tergantung peminat dari pala itu sendiri.
setelah pala di pecah dari cangkang atau batok nya, maka akan terlihat kualitas dari pala kupas itu sendiri.
a. jenis pala kupas AB

pala kupas ini merupakan pala yang mempunyai standar export, dilihat dari bentuk nya sudah benar benar tua, tidak keriput, mempunyai bulatan besar dan rata satu sama lainnya.
b. jenis pala kupas ABCD
pala kupas jenis ini merupakan pala kupas yang sudah tua, tidak keriput namun memiliki bulatan yang tidak rata satu dengan yang lain nya.
c. jenis pala kupas SS
adalah pala kupas yang mempunyai keriput dan ukuran nya cenderung berbeda, keriput dikarenakan jenis pala ini di panen belum benar benar tua.
d jenis pala kupas BWP/broken/riject
jenis pala ini merupakan pala yang saat dipecah mengalami kegagalan sehingga bagian dalam dari biji pala mengalami kerusakan, baik itu pecah menjadi dua bagian atau empat bagian.

Comments

Popular posts from this blog

jual biji pala

ANALISIS USAHA PENYULINGAN MINYAK PALA