menyuling daun cengkeh

saat kita melihat perkebunan cengkeh, mungkin kita akan berfikiran bahwa daun rontok yang ada dibawah kebun cengkeh tersebut tidak bermanfaat dan tidak memiliki nilai, padahal apabila daun tersebut diolah menjadi minyak atsiri maka daun tersebut akan mempunya nilai ekonomis.
dalam istilah perdagangan minyak atsiri minyak daun cengkeh dikenal dengan istilah clove leaf oil,
sebelum kita memulai bisnis menyuling daun cengkeh alangkah lebih baik mengenal terlebih dahulu kualiatas dari daun cengkeh itu sendiri. 
daun cengkeh gugur kualitas terbaik adalah daun cengkeh yg murni kering matahari tanpa terbasahi hujan, masih berbau harum cengkeh menghasilkan rendemen mencapai 4%
daun cengkeh jelek adalah daun cengkeh gugur yg dihasilkan saat musim hujan, jadi pengeringan secara alami dengan matahari lalu terbasahi kembali oleh hujan, busuk, dan kembali kering oleh matahari, demikian seterusnya, bahkan sudah tidak memiliki aroma cengkeh lagi menghasilkan rendemen 0,8-1,2%.


menyuling daun cengkeh harus dilakukan untuk kapasitas besar, kisaran 600kg ke atas, hal ini dikarenakan apa bila diproduksi dengan kapasitas dibawah dari nilai tersebut maka hitungan secara ekonomis tidak akan masuk, hal itu dikarenakan besar di ongkos operasional.  itu pun dengan kapasitas tersebut harus menggunakan bahan bakar dari limbah penyulingannya sendiri. 
lama penyulingan daun cengkeh sekitar 8 jam dari mulai tetesan minyak pertama, biasanya para penyuling daun cengkeh menggunakan mesin sistem kukus, cara ini digunakan karena termasuk cara paling mudah dan paling irit bahan bakar, namun perlu diketahui apabila mesin terlalu besar, bahkan sampai kapasitas 1500kg/proses maka pengapiannya pun harus sesuai pula dengan bahan baku yang dimasak, karena apabila hitung-hitungan laju uap tidak sesuai maka akan menurunkan rendemen minyak itu sendiri. 
Hasil gambar untuk daun cengkeh

Comments

Popular posts from this blog

jual biji pala

jenis jenis pala kupas

ANALISIS USAHA PENYULINGAN MINYAK PALA